Senin, 05 April 2010

BAB VI POLITIK DAN STRATEGI NASIONAL

BAB IV
POLITIK DAN STRATEGI NASIONAL

A.Pengertian politik, strategi dan polstranas

1.Pengertian politik
Kata politik secara etimulogis berasal dari bahasa yunani politeia, yang akar katanya adalah polis, berarti kesatuan masyarakat yang berdiri sendiri, yaitu Negara dan teia, berarti urusan. Politik secara umum menyangkut proses penentuan tujuan Negara dan cara melaksanakanya. Pelaksanaan tujuan itu memerlukan kebijakan-kebijakan umum yang menyangkut pengaturan, pembagian, atau alokasi sumber-sumber yang ada.

a.Negara.
merupakan suatu organisasi dalam suatu wilayah yang memiliki kekuasan tertinggi yang ditaati oleh rakyatnya.

b.Kekuasana.
adalah kemampuan seorang atau kelompom untuk mempengaruhi tingkah laku orang atau kelompok yang sesuai dengan keinginannya.

c.Pengambilan keputusan.
adalah aspek utama politik. Dalam pengambilan keputusan perlu diperhatikan siapa pengambil keputusan itu dan untuk siapa keputusan itu dibuat.

d.Kebijakan umum.
merupakan suatu kumpulan keputusan yang diambil oleh seorang atau kelompok politik dalam memilih tujuan dan cara mencapai tujuan itu.

e.Distribusi.
adalah pembagian dan pengalokasian nilai-nilai dalam masyarakat.

2.Pengertian Strategia
Strategi berasal dari bahasa yunani strategia yang diartikan sebagai “the art of the general” atau seni seorang panglima yang biasannya digunakan dalam peperangan.dengan demikian strategi tidak hanya menjadi monopoli para jenderal atau bidang militer, tetapi telah meluas kesegala bidang kehidupan.

3.Politik dan strategi nasional
Politik nasional diartikan sebagai kebijakan umum dan pengambilan kebijakan untuk mencapai suatu cita-cita dan tujuan nasional, dengan demikian definisi politik nasional adalah asas, haluan, usaha, serta kebijaksanaan Negara tentang pembinaan serta penggunaan kekuatan nasional untuk mencapai tujuan nasional.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar