Senin, 05 April 2010

BAB III kewarganegaraan

BAB III
KETAHANAN NASIOANAL

A.Latar belakang
Sejak proklamasi kemerdekaan pada tanggal 17 agustus 1945, bangsa dan Negara Indonesia tidak luput dari berbagai gejolak dan ancaman dari dalam negeri maupun dari luar negeri yang nayris membahayakan kelangsungan hidup bangsa dan Negara.
Meskipun dihadapkan pada berbagai macam tanatangan, Negara kesatuan republic Indonesia masih tetap tegak berdiri sebagai satu bangsa dan Negara yang merdeka, bersatu dan berdaulat.
Dengan demikian kondisi kehidupan nasional merupakan pencerminan ketahanan nasional yang didasarkan oleh landasan idiil pancasila, landasan konstitusional UUD 1945, dan landasan visional wawasan nusantara.ketahanan nasional adalah kondisi yang harus dimiliki dalam semua aspek kehidupan bermasyarakat, berbangsa dan bernegara dalam wadah Negara kesatuan repubik Indonesia.

B.pokok-pokok pikiran
Dalam perjuangan mencapai tujuan yang telah disepakati bersama, suatu bangsa senantiasa akan menghadapi berbagai tantangan, ancaman, hambatan, dan gangguan yang dating dari manapun.

C.Pengertian ketahanan nasional Indonesia
Rumusan ketahanan nasional Indonesia yang baku sangat diperlukan dalam menghadapi dinamika perkembangan dunia dari masa ke masa. dalam pengertian tersebut, ketahanan nasional adalah kondisi kehidupan nasional yang harus diwujudkan. Proses berkelanjutan untuk mewujudkan kondisi tersebut dilakukan berdasarkan permikiran geostrategic berupa konsepsi yang dirancang dan dirumuskan dengan memperhatikan kondisi bangsa dan akonstelasi geografi Indonesia. Konsepsi tersebut dinamakan konsepsi ketahanan nasional Indonesia.

D.pengertian konsepsi ketahanan nasional Indonesia
Tannas Indonesia adalah konsepsi pengembangan kekuatan nasional melalui pengaturan dan penyelanggaraan kesejahtraan dan keamanan yang seeimbang, serasi dan selaras dalam seluruh aspek kehidupan secara utuh dan menyeluruh dan terpadu berlandaskan pancasila, UUD 1945, dan wawasan nusantara.

E.Hakikat tannas dan konsepsi tannas Indonesia

1.hakikat tannas Indonesia adalah keuletan dan ketangguhan bangsa yang mengandung kemempuan mengembangkan kekuatan nasional untuk dapat menjamin kelangsungan hidup bangsa dan Negara dalam mencapai tujuan nasional

2.hakikat konsepsi tannas Indonesia adalah pengaturan dan penyelenggaraan kesejahtraan dan keamanan secara seimbang, serasi dan selaras dalam seluruh aspek kehidupan nasional.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar