Senin, 05 April 2010

BAB II kewarganegaraan

BAB II

Wawasan Nusantara

A.Wawasan nasional suatu bangsa

Wawasan nusantara meyakini bahwa kebenaran yang hakiki atau kebenaran yang mutlak adalah kebenaran yang dating dari tuhan, pencipta alam semesta.pemerintah dan rakyat memerlukan suatu konsep berupa wawasan nasional untuk menyelenggarakan kehidupannya. Wawasan ini dimaksud untuk menjamin kelangsungan hidup, keutuhan wilayah serta jati diri bangsa.kehidupan suatu bangsa dan Negara senantiasa dipengaruhi oleh perkembangan lingkungan strategis. Karena, wawasan itu harus mampu memberi inspirasi pada suatu bangsa dalam menghadapi berbagai hambatan dan tantangan yang ditimbulkan oleh lingkungan strategis dan dalam mengejar kejayaan.

Dalam mengwujudkan aspirasi dan perjuangan suatu bangsa perlu memperhatikan tiga factor utama:

1.bumi atau ruang dimanan manusia itu hidup.

2.jiwa, tekad dan semangat manusianya dan rakyatnya.

3.lingkungan sekitar.

Dengan demikian, wawasan nasional adalah cara pandang suatu bangsa yang telah menegara tentang diri dan lingkunganya dalam eksistensinya yang serba terhubung dan dalam pembangunannya dilingkungan nasional, regional, serta global.

B.Teori-teori kekuasaan

Wawasan nasional suatau bangsa dibentuk dan dijiwai oleh paham kekuasaan dan geopolitik yang dianutnya.

1.Paham-paham kekuasaaan

Perumusan wawasan nasional lahir berdasarkan pertimbangan dan pemikiran mengenai sejauh mana konsep operasionalnya dapat diwujudkan dan dipertanggung jawabkan.

a.paham Machiavelli (abad XVII)

gerakan pembaruan yang dipicu oleh masuknya ajaran islam dieropa barat sekitar abad VII telah membuka dan mengembangkan cara pandang bangsa-bangsa eropa barat sehingga menghasilakn peradaban barata modern seperti sekarang.

b. paham kaisar napoleon Bonaparte (abad XVIII)

kaisar napoleon merupakan tokoh revolusioner dibidang cara pandang, selain penganut yang baik dari Machiavelli. Napoleon berpendapat bahwa perang dimasa depan akan merupakan perang total yang mengerahkan segala daya upaya dan kekuatan nasional.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar